Rahasia dan Pesona Pantai Parangtritis Candi Gembirawati

pantai parangtritis

Sebuah pantai favorit di jogjakarta yang menjadi salah satu icon wisata paling menarik di jogja yang memiliki pesona layaknya sang ratu selatan. Pantai ini memanglah sangat terkenal di telinga traveler maupun umum selain cerita magisnya tetapi juga cerita tentang keindahannya. Konon keindahan pantai yang bercirikan landai ini terkenal karena indahnya sunset romantis di sore hari.

Pantai parantritis terletak di desa Kretek, Bantul atau sekitar 27 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk sampai di pantai parangtritis kita bisa menyusuri Jl. Pangtritis dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum yang beroperasi hingga pukul 17.00 WIB. Harga tiketnya sangat murah Rp. 5.000-/orang dan parkir.

Pantai Parngtritis dan Candi Dekat Hotel Queen of the South

Selain menimati matahari sore, pantai yang memiliki pasir berwarna hitam pekat tetapi lembut ini memiliki tempat wisata lain yang cukup berdekatan dan belum di ketahui banyak orang yaitu, adalah situs candi Gembirawati. Hanya perlu menaiki tebing Gembirawati yang mengantarkan kita memandang luas seluruh arena pantai dan laut selatan yang berbatas cakrawala lalu pergi ke sisi timur tebing yang menyembunyikan reruntuhan candi. Meskipun dapat dikatakan berada di area pegunungan, candi ini sangat berbeda karena hanya terletak beberapa ratus meter dari bibir Pantai Parangtritis. Cara lain memasuki candi ini adalah dengan melewati jalan menanjak dari Hotel Queen of the South yang kini dikelola oleh orang asing.

ingin menyantap hidangan laut, cukup berjalan menuju arah barat/Pantai Depok dimana banyak kapal nelayan bersandar yang menandakan bahwa kawasan Pantai Depok adalah kawasan jual beli ikan dan warung seafood. Bahkan kita dapat membeli langsung ikan yang dibawa sang nelayan saat pulang dari melaut (biasanya pagi hari) atau langsung membelinya di pasar ikan yang memang di bangun untuk area penjualan ikan disana. Jika masih belum puas menikmati sunset dan makan seafood, tak pelu khawatir karena pada saat malam suasana pantai pun cukup ramai dengan para pejajan wedang ronde, jagung bakar dan siomay.