Pulau Kanawa Flores Surga Diving dari Labuan Bajo

pulau kanawa flores

Melirik sebuah pulau kecil dengan luas 32 hektar yang dikelola oleh seorang berkebangsaan Italia membuatnya banyak ditumbuhi kanawa island resort disekitaran pesisir pantai dengan pelabuhan kecil yang dulunya sama-sama dikelola oleh pihak Labuan bajo. Pulau Kanawa adalah tempat yang nyaman dan enak untuk mencari ketenangan karena memang lokasi ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan lokal. Selain akomodasi yang jauh wisata di flores ini bukanlah tempat travelling yang ekonomis, yang mana artinya kita akan lebih banyak berpapasan dengan turis mancanegara .

Untuk sampai di lokasi pulau kanawa kita harus berangkat dari Labuan bajo flores menggunakan kapal sewaan yang sudah disediakan pihak pengelola sebagai media antar jemput yang biasanya berangkat pada pukul 12.00 waktu setempat dengan jadwal kembali pukul 08.00 WITA. Makadari itu jika kita berniat untuk travelling ke pulau kanawa dan menikmati kanawa island bungalows ada baiknya kita melakukan reservasi sekitar 1 bulan sebelum waktu keberangkatan. Meskipun harga pulau kanawa resort tergolong agak mahal, kita bisa mencicipi penginapan tenda dome yang harganya tentu lebih murah, hanya saja kamar mandinya dibuat terpisah tidak seperti bungalows dan resort yang menjadi satu dalam bangunan.

Menginap di Resort Pulau Kanawa Flores Labuan Bajo

Perjalanan akan memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan pemandangan indah dari kejauahan barisan bukit batu. Semakin mendekati pelabuhan warna pasir nya yang putih dan hamparan rumput kuning menyambut dari kejauhan, terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang terlihat karna kejernihan air yang menggoda untuk segera berdiving ria rupanya menjadi daya tarik pulau nan kecil ini. Jika kita berniat untuk menaklukan diving flores yang satu ini cukup menyewa peralatan dengan harga Rp. 50.000-/hari.

Kita bisa melihat aneka hewan laut semisal ikan pari disisi utara dermaga dan lereng-lereng karang, selain itu kita juga bisa menemukan teripang atau timun laut yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Tapi kita juga harus berhati-hati saat bertemu dengan Lion Fish yang berwarna belang merah putih, karena meskipun cantik ikan ikan ini memiliki racun yang sangat mematikan. Jika kita beruntung kitapun bisa menemukan penyu yang berenang disekitaran perairan timur bungalows. Pantas saja tempat wisata flores ini masuk nominasi Best Snorkeling Spot in All South East Asia. Atau kita lebih memilih menikmati pemandangan pulau dari puncak bukit sambil private hiking dibalik bukit. Bukit pulau kanawa flores memang tidaklah tinggi, akan tetapi jalur pendakiannya cukup terjal, berbatu dan berpasir.

Setelah asyik menikmati diving yang lebih terkenal dengan sebutan komodo diving kita tak perlu khawatir akan merasa lapar karena di pulau kanawa flores kita bisa menemukan aneka makanan mulai dari gado-gado sampai pizza yang disediakan oleh satu-satunya restoran ditempat ini. Oh iya, keindahan dari kanawa rupanya membuat saya terlupa memberikan informasi biaya perahu dan penginapan. Untuk perahu penyebrangan harga sekali sewanya Rp. 250.000-/rombongan sedangakn untuk per-orangnya dikenakan Rp. 60.000-/orang pada jam bebas. Jika ingin yang gratis kita bisa menggunakan shuttle boat yang memang menjadi fasilitas paket wisata saat kita berangkat dari flores Labuan bajo ke kanawa island. Harga sewa tenda dome sekitar Rp. 75.000 – 125.000/orang. Sedangkan harga kanawa resort dimulai dari Rp.300.000-/malam dengan 14 cottage yang disediakan. Sudah siapkah anda merileks-kan diri di pulau kanawa flores ini ?