Labuan Bajo Flores Pintu Gerbang Wisata Pulau Komodo

labuan bajo

Daerah kawasan objek wisata di NTT ini lagi ramai-ramainya dikunjungi oleh para backpaker dan traveller, dahulu Labuan Bajo Indonesia biasanya hanya dijadikan sebagai tempat penghubung bagi orang orang yang ingin jalan jalan ke Pulau Komodo. Kota ini sendiri merupakan ibukota kabupaten Manggarai Barat yang potensi parawisatanya sedang berkembang sangat pesat. Kota Labuan Bajo Flores merupakan pintu gerbang wisata pulau komodo bagi wisatawan lokal dan mancanegara, sehingga sudah tidak mengherankan lagi walaupun kota ini kecil, tapi banyak dijumpai tempat makan dan penginapan murah hingga hotel berbintang di dalam kota Labuan Bajo Flores.

Masyarakat Manggarai yang merupakan suku asli dari Labuan Bajo Flores bisa di bilang minoritas dan bukan satu satunya suku yang ada di sana. Bahkan sebagian besar penduduk Labuan Bajo Flores berasal dari Suku Bugis, Bali, Padang, dan Jawa. Asal nama kota Labuan Bajo Flores sendiri merupakan nama pemberian dari para nelayan suku Bugis yang pertama kali datang dan akhirnya menetap di daerah Labuan Bajo. Banyak sekali objek wisata di NTT yang indah dengan hamparan pantai pasir putih mengelilingi Labuan Bajo Flores, seperti Pulau Selayar Besar, Pulau Selayar Kecil, Pulau Sabolo, Pulau Bidadari, Pulau Rinca, dan Pulau Komodo, sehingga jangan heran kalau Bandar Udara Komodo Labuan Bajo merupakan salah satu bandara dengan tingkat kepadatan yang tinggi.

Melihat potensi wisata alam yang begitu lengkap di Labuan Bajo Flores sehingga para wisatawan penggemar snorkeling dan diving sering memuaskan keinginannya untuk menikmati kekayaan bawah lautnya. Ditambah lagi banyak objek wisata Labuan Bajo Flores yang sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas seperti Batu Cermin yang terkenal sebagai bukit batu dengan goa dengan kandungan pasir kwarsa, yang ketika terkena cahaya makan akan memantulkan sinar layaknya cermin. Di tambah lagi dengan adanya Pucak Waringin yang lokasinya sangat strategis karena dari puncak ini anda dapat menikmati sunset labuan bajo tanpa terhalang apapun.

Akses menuju Labuan Bajo Flores bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor dari darat, menggunakan kapal fery dari laut serta dari udara ada maskapai merpati yang membuka rute ke labuan bajo setiap hari .