Keindahan Air Terjun Tiu Pupus Wisata Pulau Lombok

air terjun tiu pupus

Menuju pulau Lombok bukanlah hal yang mustahil apalagi bagi kita yang menjadi penduduk negeri Indonesia. Banyaknya paket liburan ke Lombok murah semakin mempermudah kita merencanakan liburan kita di pulau nan indah ini. Biasanya para pelancong yang mendatangi pulau Lombok berasal adalah para turis yang telah menikmati liburannya di pulau tetangga yaitu Bali lalu meneruskannya untuk mengunjungi tempat wisata di Lombok seperti pantai. Lombok memang sangat terkenal karena keindahan pantai dan baharinya. Pasir putih dan laut biru menjadi primadona yang tak pernah pupus dari dambaan setiap turis yang berkunjung ke setiap pantai di Lombok. Namun selain pantai ternyata Lombok memiliki keindahan lain yang patut kita coba saat liburan kesini.

Tempat wisata Lombok yang dimaksud adalah Air tejun Tiu Pupus. Nama Tiu Pupus sendiri ternyata memiliki sebuah arti yang bermakna, Tiu memiliki arti genangan air sedangkan pupus artinya sebuah akar yang nampak dari sebatang pohon di tebing sungai. Jadi anda bisa bayangkan bukan bagaimana kenampakan dari air terjun di Lombok ini ? Tinggi dari air terjun yang sekitar 50 meter ini juga memiliki kolam bawah air terjun yang sangat luas dan sedikit dalam udaranya pun cukup dingin karena berada di kawasan pegunungan. Debit air pada musim kemarau biasanya sanagt kecil, walaupun begitu kita tetap bisa mandi di kolam air terjun tersebut hanya saja objek wisata di Lombok yang satu ini belum memiliki fasilitas pendukung yang lengkap bahkan toilet sekalipun.

Destinasi Wisata Pulau Lombok Air terjun Tiu Pupus

Meskipun begitu karena kondisinya yang masih alami membuat para wisatawan tidak mau melewatkan tempat yang satu ini. Jika dibilang 85% bebas dari tangan manusia, ya memang benar pohon tebing dan sungainya masih terbentuk dari garisan alam. Lokasi dari wisata pulau Lombok air terjun tiu pupus ada di Dusun Kerurak Desa Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Jika kita berangkat dari Mataram akan memakan waktu sekitar 1 jam dengan arah Kerurak dengan menggunakan kendaraan mirip mobil ala si Doel atau menggunakan kendaraan pribadi. Jalannya sudah bagus dan banyak papan penunjuk arah sehingga kita tidak repot dan takut tersasar jika pergi menggunakan kendaraan pribadi. Sehingga kita akan menempuh rute Mataram-Pusuk-Pemenang-Tanjung-Gondang-Ledang Bagian-Karang Kendal-Kerurak. Setelah sampai kita akan berhenti di Bendungan Sengkukun yang digunakan sebagai lahan parkir. Sehingga kita akan di bawa masuk melewati bendungan dan sampai di lokasi sekitar 15 menit setelahnya bersama seorang pengantar wisata Air Terjun Tiu Pupus.

Tidak ada biaya masuk ke air terjun tiu pupus alias gratis begitupun dengan biaya parkir, hanya saja tidak ada salahnya memberikan sedikit kepedulian kita terhadap pengantar ke lokasi wisata tersebut yang tentunya mengelola daerah wisata pulau Lombok tersebut.